layananhukum

Jacob Maarten van Bemmelen: Seorang Juris yang Memperjuangkan Penghapusan Hukuman Mati

van Bemmelen
 

Jacob Maarten van Bemmelen adalah seorang ahli hukum Belanda. Dia juga seorang profesor Hukum Pidana, Hukum Acara Pidana, dan Kriminologi di Universitas Leiden. Jacob Maarten van Bemmelen lahir pada 20 April 1898 di Den Haag merupakan anak dari pasangan profesor Johan Frans van Bemmelen dan Adriana Jacoba Paulus. Dia dinamai menurut sebagaimana nama dari sebelah kakek; ayah dari ayahnya dengan nama yang sama.[1]

Ia menyelesaikan sekolah tata Bahasa di Groningen, setelah itu ia mulai belajar hukum di Universitas Groningen. Pada tahun 1922, ia menyelesaikan studinya tersebut. Ia memperoleh gelar doktor pada tahun berikutnya dengan profesor hukum pidana yang mengampunya Jan Simon van der Aa dengan disertasinya yang berjudul “Van zedelijke verbetering tot reclasseering” dan “Geschiedenis van het Genootschap tot Zedelijke verbetering der Gevangenen 1823-1923.”

Setelah menyelesaikan gelar doktornya tersebut, ia mulai bekerja sebagai dosen aktif di di Hogeburgerschool, akan tetapi pada tahun 1924 ia menukar posisi tersebut dengan seorang pengacara di Rotterdam. Selanjutnya, pada tahun 1928 ia diangkat sebagai Wakil Panitera di Pengadilan Distrik Rotterdam. 

Pada tahun 1929 ia menggantikan Anthony Johannes Blok, seorang profesor hukum pidana dan acara pidana di Universitas Leiden, yang jatuh sakit sehingga sudah tidak dapat mengajar lagi. Dia menggantikannya secara permanen pada tahun 1931 dengan mandat mengajar diperluas mencakup mata kuliah kriminologi.  Pada tahun 1931 ia menjadi editor Jurnal Peradilan Pidana dan ia juga editor Weekblad van het Recht selama dua setengah tahun, dan sampai tahun 1968 dia editor untuk Nederlands Juristenblad

Dia adalah salah satu pendiri Asosiasi Hukum Militer di Belanda, yang didirikan pada tahun 1936, di mana dia juga menjabat sebagai Ketua Pertamanya. Juga pada tahun 1936 karyanya menjadi Hukum Acara Pidana. Buku teks hukum acara pidana Belanda. Selama Perang Dunia Kedua ia menjadi Wakil Presiden Pengadilan Militer di Den Haag pada tahun 1940. 

Pada tahun yang sama, semua profesor Yahudi yang ada di universitas dipecat. Yang mana diketahui ada upaya yang dilakukan untuk memberikan universitas berkarakter Sosialis Nasional. Oleh karena itu, Van Bemmelen mengundurkan diri pada tahun 1942. Pada tahun yang sama, salah satu karyanya yang paling penting diterbitkan: Kriminologi. Buku teks ilmu kriminal (Criminologie. Leerboek der misdaadkunde). Belakangan tahun tersebut juga dia disandera oleh penjajah Nazi dan dipenjarakan di St. Michielsgestel. Kemudian, dia dibebaskan pada tahun 1943 dan bersembunyi setelah itu. 

Ketika pada tahun 1944, Binnenlandse Strijdkrachten atau Angkatan Bersenjata Sipil Domestik didirikan, dan ia menjadi penasihat hukum di kantor pusat dengan nama Van Bolen. Setelah pembebasan ia diangkat oleh Otoritas Militer di London sebagai Kepala Layanan Investigasi Politik dan sebagai kepala kamp tempat tahanan politik yang ditempatkan. 

Pada 1946 karyanya Auschwitz dan Hukuman Mati (Auschwitz en de doodstraf) diterbitkan di Nederlands Juristenblad. Dia berpendapat bahwa terlepas dari tindakan keji Jerman, ia masih tetap konsisten menjadi penentang hukuman mati. Oleh karena itu, menurutnya keberatan mendasar terhadap hukuman mati tidak boleh tiba-tiba diabaikan karena seseorang telah melakukan sesuatu yang menjijikkan dengan apapun alasannya.

Dia percaya bahwa integritas hidup atau hak untuk hidup dari manusia harus dihormati dan bahwa siapa pun yang mengambil nyawa seorang yang lain telah kehilangan sebagian dari kemanusiaan diri mereka sendiri. Oleh karena itu, keberatan-keberatan mendasar ini menjadi alasan bahwa dia tidak pernah ingin duduk dalam Komite Administrasi Khusus Peradilan mana pun yang masih belum bisa melihat bahwa urgensi penentangan terhadap hukuman mati masih belum benar-benar dilakukan setengah hati. 

Van Bemmelen juga sangat keberatan dengan kondisi di mana penjahat politik ditahan setelah perang dan menuntut pembebasan orang-orang yang dicurigai melakukan pelanggaran ringan atas dasar hak asasi manusia. Pemerintah setuju dengannya dalam kritiknya, tetapi pandangannya tetap memancing perlawanan dari organisasi perlawanan dan dia mengundurkan diri dari posisinya sebagai kepala layanan investigasi politik saat itu.

Dia melanjutkan karir akademisnya setelah perang dan kembali ke pos lamanya di Universitas Leiden. Selama tahun ajaran 1953 – 1954 ia menjadi Rektor Magnificus. Pidato rektornya adalah Universitas dan Hukum Pidana atau Universiteit en strafrechtHe was one of the authors of the two-volume Hand- and textbook of Dutch criminal law, published in 1953/54. Dia akhirnya pensiun pada tahun 1968, dan Van Bemmelen meninggal pada 12 Januari 1982 di Dordrecht.

Adapun publikasi-publikasi terkenalnya sebagai berikut:

Ons strafrecht (1965, meerdelig)

-        Het materiële strafrecht;

-        Het formele strafrecht;

-        Bijzondere delicten;

-        Het penitentiaire recht;

-        Wegenverkeerswet.

Ons strafrecht in theorie en praktijk (Hukum Pidana dalam Teori dan Praktek) (1959).

-        Tentang batas-batas hukum pidana (1955, kumpulan artikel dari surat kabar);

-        Tangan dan buku teks hukum pidana Belanda (1953/54), dua bagian, dengan WFC van Hattum;

-        Memories of the Prisoners (1954, kumpulan artikel dari surat kabar).

-        Auschwitz dan hukuman mati diterbitkan di Nederlands Juristenblad. (16 Maret 1946), nomor 11;

-        Kriminologi. Buku teks ilmu kejahatan (1942);

-        Tindakan Kriminal. Buku Ajar Hukum Acara Pidana Belanda (1936);

-        Arti penting hukum pidana bagi orang biasa (1931, kuliah perdana);

-        Dari perbaikan moral hingga masa percobaan. Sejarah Masyarakat untuk Peningkatan Moral Narapidana 1823-192 (1923, disertasi).

Info lebih lanjut Anda dapat mengirimkan ke kami persoalan Hukum Anda melalui: Link di sini. atau melalui surat eletronik kami secara langsung: lawyerpontianak@gmail.com atau langsung ke nomor kantor Hukum Eka Kurnia yang ada di sini. Terima Kasih.


[1] G. Langemeijer, “Prof. mr J. M. van Bemmelent”, (in: Nederlands Juristenblad, afl. 4, 1982), 106.

Formulir Isian